MWt9LGRcLGt8NaR9NWR5LGN9NDcsynIkynwbzD1c

Lure Hampala Air Keruh Paling Cocok dan Killer

Inilah lure hampala air keruh yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan persent…

BLANTERLANDINGv101
4849219853240289341

Lure Hampala Air Keruh Paling Cocok dan Killer

Banyak yang bingung apa sebenarnya lure hampala air keruh yang paling cocok. Ternyata ada beberapa saran lure untuk memancing jenis ikan ini menggunakan teknik casting.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang rekomendasi lure hampala. Supaya kamu enggak merasakan boncos berkepanjangan.

Boncos adalah keadaan di mana seorang pemancing tidak mendapatkan ikan. Kalau terus boncos, bahayanya yang kena mental kamu.

Persiapan yang matang sebelum pergi casting di spot memancing daerahmu juga harus diperhatikan. Sebab sungai yang sudah terkontaminasi dengan setrum dan obat, akan jauh lebih sulit untuk memancing di sana.


Saran Lure Hampala Air Keruh

Lure adalah umpan mainan untuk berbagai jenis ikan predator, seperti hampala dan gabus. Ternyata keberadaan ikan hampala tersebar banyak di spot mancing, misalnya sepanjang aliran sungai Brantas.


1. Lure WTD

lure hampala air keruh

Jenis pertama yaitu lure hampala air keruh Walk The Dog (WTD). Lure WTD punya sifat floating atau mengambang di permukaan air.

Cara WTD menarik perhatian ikan predator adalah dengan bergoyang tergantung teknik retrieve kamu. Yaitu secara umum bergerak secara zig-zag. Kalau kamu pernah melihat ular berenang di permukaan air, gerakannya nyaris sama dengan itu.

Misalnya, kamu pakai Tomigo Tsukuyomi yang 3.5 gram. Cara menggunakan lure WTD adalah dengan membuat sentakan satu kali ketukan satu kali ketukan sambil reel digulung pelan.


2. Spoon Lure

spoon lure untuk hampala

Umpan spoon memang hanya kepingan besi berwarna silver atau gold (emas). Namun jangan salah, action spoon yang mengkilap di dalam air keruh ternyata bisa menarik perhatian ikan predator.

Cara menggunakan lure spoon sangat gampang banget, yaitu dengan menggulung benang saja. Umumnya tidak terlalu lambat dan tidak terlalu cepat, tanpa perlu memainkan joran.


3. Popper dan Mini Popper

mini popper untuk hampala

Pemilihan lure popper tergantung sasaran ikan di spot mancing kamu. Gunakan mini popper untuk ikan hampala dan hampili. 

Action popper nyaris sama dengan lure WTD atau pencil. Yaitu bergerak membuat percikan air di permukaan.

Jadi, air keruh atau jernih sama saja. Namun lebih efektif untuk sungai dengan arus tenang. Supaya percikan yang dibuat dapat dilihat ikan target.


4. Soft Lure Cerah

soft lure untuk hampala

Warna untuk soft lure yang killer bagi hampala yaitu putih dengan kepala merah. Soft lure bermain di dasar sungai.

Cara memainkan soft lure adalah dengan menariknya perlahan dengan satu sentakan pada beberapa kesempatan. 

Kamu juga bisa menggunakan soft lure udang dengan tambahan timah pemberat. Sedangkan soft lure tail, biasanya sudah ada head jig di sana.


5. Minnow Deep Diver Sinking Cerah

minnow deep diver untuk hampala

Ternyata, pada dasarnya ikan hampala tetap mau menyambar umpan minnow. Namun gunakan tipe deep sinking berwarna cerah, yaitu biru muda, putih, atau kuning emas.

Ciri lure minnow dengan tipe ini adalah punya lidah panjang. Namun tidak semua minnow lidah panjang bersifat sinking atau tenggelam.

Ada baiknya kamu konsultasi dulu dengan penjual di toko pancing langganan. Atau bertanya kepada teman yang sudah berpengalaman.\

Baca juga:

  1. Umpan Ikan Betok
  2. Umpan Ikan Baung
  3. Umpan Ikan Jendil


Alasan Ikan Hampala Tidak Mau Menyambar Lure

Bagi pecinta ledakan, menggunakan lure WTD adalah pilihan yang tepat. Namun sebenarnya apa alasan hampala enggak mau nyambar umpan?


1. Setrum

Ini adalah alasan paling utama dan pertama. Sungai spot mancing hampala sekitar daerah kamu sudah terkontaminasi dengan setrum. 

Menggunakan lure hampala air keruh yang mana saja akan percuma. Sudah untung banget bisa naik satu atau dua ekor. 

Solusinya, cari spot casting lain yang masih perawan dan jarang terjamah tangan tidak bertanggung jawab. 

Jangan salahkan lure atau teknik casting kamu, sebenarnya kamu itu sudah jago banget. Sayangnya belum diketemukan dengan spot potensial saja.


2. Obat

Penggunaan obat untuk tanaman atau obat lainnya akan membuat ikan predator enggan makan. Di sisi lain, mereka akan pergi ke tempat di sungai yang dianggap aman.

Obat untuk ikan ternyata juga membuat benih keberlangsungan kian menipis. Untuk melestarikan alam, jangan gunakan obat, setrum, dan bom untuk mencari ikan.


3. Ikan Berpengalaman

Tahukah kamu kalau ikan ternyata bisa juga belajar dari pengalaman? 

Kalau spot mancing kamu tidak dieksploitasi dengan cara salah, bisa saja alasan hampala tidak mau nyambar lure karena sudah berpengalaman.

Misalnya, spot tersebut kerap di-casting dan mocel, sering dipancing menggunakan umpan bangkai, dan sebagainya.

Alasan lainnya seperti kamu kurang tepat dalam melempar lure.

Pastikan melempar ke titik yang pas, biasanya hampala berada di belakang arus di balik batu, di pinggir sungai, dan tempat ikan kecil berkumpul.

Itulah beberapa penjelasan mengenai alasan ikan predator tidak mau menyambar lure. Mari lestarikan alam supaya anak cucu kita tidak merasakan bertapa menyedihkan boncos setiap hari seperti yang kita alami. Sekian lure hampala air keruh, semoga membantu.

BLANTERLANDINGv101
Komentar yang masuk akal, termasuk kritik dan saran membangun

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Pesanan
Data Lainnya
Kamu belum dikenakan biaya
Kirim