MWt9LGRcLGt8NaR9NWR5LGN9NDcsynIkynwbzD1c

Ikan Belida Punah, Apa Penyebab Ikan Tawar Ini Punah?

Penyebab punah dan fakta unik ikan belida. Simak penjelasan di filosofish berik…

BLANTERLANDINGv101
4849219853240289341

Ikan Belida Punah, Apa Penyebab Ikan Tawar Ini Punah?

Filosofish - Ikan belida punah pertama kali dideklarasikan kepunahannya di situs resmi IUCN. Penelitian kepunahan ikan belida dilakukan oleh peneliti asal Singapura, Heok Hee Ng. Ikan belida sendiri merupakan spesies ikan tawar endemik Indonesia yang hidup di wilayah perairan sungai.

ikan belida punah, fakta unik, penyebab


Penyebab Ikan Belida Punah

Ikan belida pada mulanya diduga spesies endemik Sumatera dan Kalimantan. Namun hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa ikan tawar ini hanya ditemukan di sungai – sungai yang ada di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Lantas apa saja penyebab ikan ini punah?

1. Perubahan Fungsi Lahan

Spesies ikan belida hampir tidak ditemukan sejak lebih dari 160 tahun lalu. Menurut Verile, penyebab dari punahnya ikan ini akibat terjadinya perubahan fungsi lahan di kawasan sungai di wilayah Pulau Jawa.

2. Mudah Mengalami Eksploitasi

Ikan belida memiliki ukuran yang besar dan mencolok. Hal tersebutlah yang membuat ikan ini mengalami eksploitasi dengan mudah. Belum lagi dengan bentuknya yang pipih dan indah, ikan ini kerap menjadi pilihan kolektor ikan hias.

3. Tidak Adanya Upaya Perlindungan

Meskipun terdapat spesies ikan belida yang masih bisa dijumpai di perairan tawar Jawa Barat sampai Jawa Timur mengalami penurunan populasi. Ikan belida spesies Notopterus Top masih terus diburu. Ini karena tidak adanya upaya perlindungan dan pengembangbiakan.

Itulah informasi terkait dengan penyebab ikan belida punah. Selanjutnya ada informasi menarik mengenai fakta unik ikan belida. Apa saja fakta menariknya? Simak penjelasan berikut.

Fakta Unik Ikan Belida

Berikut ini beberapa fakta unik dari ikan belida. Mulai dari bentuk tubuh ikan sampai dengan jenis ikan purba.

1. Bentuk Tubuh yang Unik

Ikan belida mempunyai daya tarik sendiri karena bentuk tubuhnya yang unik. Ikan ini memiliki badan yang panjang dan pipih dengan bagian punggung yang cembung. Bagian perut ikan ini berduri ganda dengan ekor yang memanjang. Pada bagian kepala terdapat area sisik dengan lubang hidung menyerupai tabung.

Adapun sirip pada ikan belida berbentuk sikloid dengan ukuran yang kecil. Sisiknya berada di samping badan sehingga membentuk gurat sisi. Sedangkan sirip punggungnya terletak di rentang pertengahan sirip dubur hingga ke bagian sirip ekor. Meskipun cukup panjang, pada dasarnya siripnya berukuran kecil.

2. Predator Puncak dalam Rantai Makanan

Ikan belida punah, sebelumnya bisa mencapai bobot 7 kg ini merupakan ikan predator yang aktif pada malam hari. Secara ekologi, ikan ini disebut sebagai predator puncak dalam rantai makanan di wilayah perairan tawar. Ikan ini memangsa ikan-ikan kecil maupun jenis crustacea yang ada di sekitarnya.

Pada musim kemarau, ikan ini tinggal di wilayah perairan sungai atau di bagian terdalam suatu wilayah perairan tawar.  Saat musim penghujan, ikan belida menyebar ke area persawahan maupun rawa banjiran. Hal ini bertujuan untuk memijah atau berkembang biak dan juga untuk mencari makan.

3. Merupakan Jenis Ikan Purba

Pakar menyebutkan bahwa ikan belida sudah ada sejak zaman pleistosen. Suatu zaman yang mengalami susut laut akibat pendinginan suhu secara global. Sebab itulah yang menyebabkan ikan belida disebut sebagai ikan purba.

Demikian informasi menarik terkait dengan Ikan belida punah dan penyebabnya. Beserta dengan info seputar fakta unik pada ikan belida. Meskipun spesies ikan ini sudah punah, ikan ini dapat dipelajari di museum. Selain itu gambar dari ikan belida juga dapat ditemui di buku “Atlas Ichthyologique” karya Pieter Bleeker. Melalui lukisan dari seniman L. Spiegler.

BLANTERLANDINGv101
Komentar yang masuk akal, termasuk kritik dan saran membangun

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Pesanan
Data Lainnya
Kamu belum dikenakan biaya
Kirim