MWt9LGRcLGt8NaR9NWR5LGN9NDcsynIkynwbzD1c

Umpan Ikan Baung di Sungai Brantas Jitu

LENGKAP! Inilah umpan ikan baung di Sungai Brantas adalah ayam tiren, umpan kuc…

BLANTERLANDINGv101
4849219853240289341

Umpan Ikan Baung di Sungai Brantas Jitu

Filosofish - ikan baung tergolong dalam ikan berkumis dan patil. Umpan ikan baung adalah sesuatu yang berhubungan dengan bangkai karena lebih jitu dan cepat makan. Kami akan membahas beberapa umpan tersebut untuk kamu.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa, ikan baung disebut juga sebagai ikan rengkik. Habitat ikan baung, khususnya di Blitar dan Tulungagung, yang paling banyak ditemukan adalah di seluruh aliran Sungai Brantas. Meski di luar Jawa, seperti Kalimantan, ikan bernama ilmiah Hemibagrus bagridae banyak ditemukan pada aliran dan kubangan sungai hutan sawit. 

Perlu diketahui lagi, beda tempat beda pula umpan yang digunakan. Baung liar yang masih alami sekali, semua umpan seperti cacing tanah (cacing ungker), ulat pohon pisang, atau menje (kecoa batu) masih sangat lahap. 

Namun jika sungai tersebut sudah dijajah habis-habisan, disetrum, diputas, dipancing setiap hari setiap waktu, umpan andalan harus turun tangan. Ya, memang masih ada kemungkinan memakai umpan alami, tetapi persentase dapat ikan sangat kecil sekali.

umpan ikan baung sungai brantas

Beberapa Umpan Ikan Baung Sungai Brantas

Jika sebelumnya sudah membahas tentang umpan jendil, pada kesempatan ini akan kami susun macam umpan ikan jenis baung atau rengkik. Beberapa umpan jitu pasti makan tersebut adalah.

1. Ayam Tiren 2 Hari

Umpan pertama yang sekarang paling jitu adalah tiren. Ayam tiren 2 hari dipotong di tempat memancing, kemudian dipasang pada kail memanjang. Jadi, pada satu senar leader ada 2 - 6 cabang untuk 1 mata pancing.

Setiap mata pancing tersebut diberi potongan ayam tiren. Beberapa pemancing sering melakukan kropok atau membakar ikan utuh guna menghilangkan bulu. Beberapa pemancing lainnya, langsung memakai daging mentah tanpa kropok

Kamu bisa mencoba, lebih jitu yang mana. Kalau saya lebih jitu tanpa kropok alis mentah. Keadaan musim hujan seperti sekarang, ikan baung sangat ganas memakan ayam tiren.

2. Umpan Kucur Harus Kuat Aroma Harum

Siapa yang tidak kenal umpan satu ini, kucur memang terbuat dari bahan yang sangat harum. Kamu harus kuat dengan aromanya. Jika belum tahu umpan kucur untuk ikan apa, cobalah melihat di YT tentang umpan satu ini. Yang jelas, kucur memang lebih dikhususkan untuk ikan baung atau rengkik.

3. Lemak Sapi Pakai Ombyok

Umpan lemak sapi atau kambing yang tidak terpakai juga sangat jitu dalam memancing baung. Kamu bisa memakai rangkaian ombyok dan mengikat pada pada pucuk agar umpan tidak lepas. Pasalnya, lemak sapi memang bagian tubuh hewan yang gampang hancur. 

Umpan satu ini terkenal juga sebagai campuran galatama untuk lele. Jadi, umpan lemak sapi dapat dipakai sebagai campuran dari umpan yang lain. Termasuk untuk memancing di Sungai Brantas itu.

4. Usus Bacem

Inilah umpan ikan baung di Sungai Brantas yang fenomenal dan mantap. Aromanya memang menyengat, namun lebih baik daripada umpan kucur di atas tadi. Jika tidak ingin belepotan memegang usus ayam busuk, kamu dapat memasang kail sebelum umpan tersebut dibusukkan.

Jadi ketika memasang pada rangkaian, cukup mengikat senar utama ke kili-kili pancing. Nah, asyiknya, jika menggunakan umpan usus ayam busuk ini, kamu juga berkesempatan memperoleh jenis ikan lain di Sungai Brantas. Seperti ikan bader abang (derbang), ikan tawes, ikan jendil (patin liar), bahkan bulus hingga buaya putih (siapa yang tahu).

Demikian beberapa umpan yang cocok untuk memancing ikan rengkik atau baung. Perhatikan beberapa hal seperti lokasi, cuaca, keadaan air, waktu memancing, dan potensi ikan di dalamnya. Jangan lupa pakai umpan ikan baung di Sungai Brantas yang jitu seperti daftar di atas ya.

BLANTERLANDINGv101
Komentar yang masuk akal, termasuk kritik dan saran membangun

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Pesanan
Data Lainnya
Kamu belum dikenakan biaya
Kirim