MWt9LGRcLGt8NaR9NWR5LGN9NDcsynIkynwbzD1c

Tips Memilih Aquarium yang Tepat untuk Ikan Hias Anda

Ukuran Aquarium, Bahan Aquarium, Lokasi Aquarium, dan Hiasan Aquarium.

BLANTERLANDINGv101
4849219853240289341

Tips Memilih Aquarium yang Tepat untuk Ikan Hias Anda

Filosofish - Bagi para penggemar dan kolektor ikan hias, setiap proses dalam memilih akuarium yang tepat untuk ditempati ikan hias koleksi anda merupakan kegiatan yang harus dilakukan dengan penuh ketelitian dan pertimbangan yang matang. Bagi kolektor ikan hias sejati, pemilihan aquarium harus disesuaikan dengan kondisi ikan hias miliknya serta nilai estetika.

Hal-hal yang Patut diperhatikan dalam Memilih Akuarium yang Tepat

tips memilih aquarium

Dalam memilih aquarium, anda  bisa melihat referensi Jenis Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen dan Model Aquarium Hias Terunik. Selain itu, sebagai pecinta ikan hias, anda pasti menginginkan koleksi ikan hias anda menetap dengan nyaman dalam aquarium yang disediakan. Itulah alasan mengapa anda harus memerhatikan beberapa hal dalam pemilihan aquarium.  

1. Ukuran Aquarium

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih akuarium yang tepat adalah ukuran. Ketika menentukan ukuran aquarium, ada baiknya anda menyesuaikan dengan jenis ikan hias yang anda miliki, ukuran ikan, dan jumlahnya. Semakin besar ukuran ikan atau semakin banyak jumlah ikan, maka semakin luas juga ukuran aquarium yang dibutuhkan.

Misalkan untuk menentukan ukuran aquarium dari jenis ikan, dan ikan hias anda adalah ikan cupang, maka ukuran yang tepat adalah aquarium dengan lebar dan panjang 12 cm dan tinggi 15 cm. Sedangkan untuk ikan koi, ukuran minimal adalah panjang 1,5m, lebar 1m, dan tinggi 50 cm.

2. Bahan Aquarium

Pada umumnya, dua bahan pembuatan aquarium yang paling sering digunakan adalah kaca dan akrilik. Dua jenis bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Aquarium kaca lebih mudah untuk dibuat, lebih tahan gesekan dan harganya lebih murah. Namun, aquarium kaca lebih rentan retak dan pecah.

Sementara itu, aquarium yang dibuat dengan bahan akrilik memiliki proses pembuatan yang lebih lamah dan agak rumit, dan harganya jauh lebih mahal dari aquarium kaca. Namun, akuarium akrilik lebih ringan, tahan lama, dan memiliki tingkat kejernihan yang tinggi sekitar 90-95%. Sedangkan aquarium kaca tingkat kejernihannya hanya sekitar 75%-80%.   

3. Lokasi Aquarium

Ketika anda memutuskan untuk mencari aquarium yang tepat, anda harus sudah menentukan di lokasi atau posisi mana akuarium tersebut akan diletakkan. Lokasi dimana akuarium akan diletakkan sangat penting untuk diputuskan terlebih dahulu, karena lokasi dimana aquarium berada akan mempengaruhi ukuran aquarium yang anda akan beli nanti.  

Misalnya anda membeli aquarium dengan panjang 2m, lebar 1,5m, dan tinggi 60 cm, kemudian meletakkannya di ruang tamu mungil yang hanya berukuran 2 x 3m, maka ini sangat tidak seimbang. Ukuran aquarium akan terasa sangat mendominasi ruang tamu, dan lokasi serta ukuran yang dipilih menjadi tidak sesuai.

4. Hiasan Aquarium

Hiasan Aquarium merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari aquarium itu sendiri. Hiasan aquarium berfungsi untuk memperindah tampilan aquarium anda. Maka dari itu, jenis, bentuk, dan warna dari hiasan aquarium juga harus anda tentukan terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli aquarium.

Ketika membeli hiasan aquarium, selain aspek estetika, anda juga harus memutuskan bahan hiasan apa yang anda akan pilih. Misalnya ketika anda memilih bahan plastik atau batu alam biasa, pastinya akan lebih cepat berlumut dan susah dibersihkan dibandingkan hiasan dengan bahan keramik dan bahan kayu driftwood.

Itulah beberapa tips sederhana tentang bagaimana memilih akuarium yang tepat bagi para penggemar ikan hias. Pastinya memilih ikan hias merupakan sebuah kegiatan yang sangat digemari bagi penggemar dan kolektor ikan hias. Namun, memilih akuarium yang cocok untuk ikan hias anda dan bagi anda sendiri juga merupakan hal penting. 

Pemilihan aquarium juga perlu ditinjau dari beberapa sisi seperti sisi kebutuhan, estetika, dan kegunaan. Maka dari itu penting sekali untuk memperhatikan ukuran, bahan, lokasi, dan hiasan aquarium anda. Jika anda menginginkan tips lainnya, anda bisa melihat beberapa artikel terkait di halaman filosofish.id

BLANTERLANDINGv101
Komentar yang masuk akal, termasuk kritik dan saran membangun

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Pesanan
Data Lainnya
Kamu belum dikenakan biaya
Kirim