MWt9LGRcLGt8NaR9NWR5LGN9NDcsynIkynwbzD1c

Peralatan Memancing Malam Hari di Sungai yang Harus Dibawa

inilah beberapa peralatan memancing malam hari yang harus dibawa untuk mancing …

BLANTERLANDINGv101
4849219853240289341

Peralatan Memancing Malam Hari di Sungai yang Harus Dibawa

Filosofish - Bagi sebagian orang, peralatan memancing malam hari di sungai sering tidak lengkap. Namun bagi pemancing yang telah terbiasa, mereka menyiapkan semua peralatan tersebut se-efektif mungkin. Itulah mengapa pengalaman sangat dibutuhkan.

Kamu pasti akan merasakan suasana yang sangat berbeda antara memancing siang hari dan memancing malam hari. Suasana di pinggir sungai menjadi lebih tenang, sepi, gelap, dan pada waktu tertentu mencekam.

Peralatan Memancing Malam Hari

Tanpa berbasa basi lagi, berikut telah kami susun beberapa daftar peralatan yang harus ada kalau mancing malam di pinggir sungai.

1. Lampu Senter sebagai Penerangan Utama

1. Lampu Senter sebagai Penerangan Utama

Banyak orang mengatakan bahwa memancing ketika bulan purnama (bulan sedang terang) sangat tidak dianjurkan, tidak hanya di laut, melainkan begitu pula di sungai. Nah, jadi jangan mengharapkan penerangan dari bulan ya.

Lampu senter harus dibawa sebagai syarat memancing di kegelapan. Memasang umpan memancing menjadi sangat berbahaya jika kamu tidak membawa sumber penerangan. Senter di sini bisa berupa senter LED, senter kepala, atau senter duduk.

2. Jaket yang Hangat

2. Jaket yang Hangat

Udara di malam hari tentu lebih dingin, apalagi ketika lokasi memancing jauh dari pemukiman warga. Kamu harus menjaga kondisi dan suhu tubuh dengan mengenakan jaket.

2. Sepatu dan Kaus Tangan

2. Sepatu dan Kaus Tangan

Siapa sangka, bahwa sepatu merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kegiatan memancing. Terutama di malam hari yang sangat berguna agar kita tidak tergelincir, menginjak paku atau beling, serta mudah dalam melangkah.

Menggunakan sepatu akan jauh lebih memudahkan para pemancing, kamu bisa memakai sepatu khusus memancing atau sepatu boots. Sedangkan sarung tangan untuk proteksi lebih ketika mendapat ikan dan untuk menghangatkan diri.

3. Cagak Pancing yang Kuat

Kebanyakan pemancing memilih menggunakan cagak dari kayu di sekitar lokasi. Namun alangkah lebih aman kalau kamu membawa cagak yang memang didesain kuat dari besi. Pasalnya, kamu tidak akan tahu ikan apa yang memakan umpan.

Jika memperoleh ikan besar, kami sangat menyarankan agar mengendorkan tension reel agar joran pancing tidak terseret lepas dan hanyut.

Baca juga: Racikan Ombyok Sungai Brantas

4. Klinting Pancing yang Nyaring

Sebagai peralatan memancing malam hari di sungai, klinting atau klintingan pancing harus ada. Kita tidak mungkin memegang joran terus menerus. Tangan bisa pegal, terutama untuk teknik memancing dasaran.

5. Starlet Pancing sebagai Tanda Mendapat Ikan

Ada dua informasi di sini bahwa, starlet dapat digunakan ketika mancing teknik ombyok dasaran dan mancing teknik pelampung. Kalau untuk pelampung, sudah jelas starlet ditaruh di mana, tentu saja di atas pelampung.

Kalau untuk mancing dasaran, starlet dipasang pada ujung joran paling atas. Di bawah starlet pancing tersebut, ada klintingan sebagai isyarat kedua. Kamu bisa memberi lem atau mengikat dengan isolasi bening untuk starlet itu. Lebih bagus memang mengikat dengan karet ban warna merah (pentil).

6. Jas Hujan untuk Berjaga-Jaga

Mantel atau jas hujan digunakan jika sewaktu-waktu ternyata gerimis. Kamu tidak perlu beranjak dari tempat memancing, tetap bisa bersantai dan menunggu ikan memakan umpan.

Baca juga: Campuran Lumut Agar Lebih Jitu

7. Terpal sebagai Alas

Di tempat memancing malam hari, terutama yang berumput dan berbatu, kita tidak tahu ada hewan berbahaya apa di sana. Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal yang begitu, alangkah lebih baik membawa alas berupa terpal yang luas. Menjadi semakin mantap jika kamu juga membawa kursi agar tidak pegal.

8. Makanan Ringan Pengisi Perut

Peralatan memancing malam hari bisa juga berupa camilan atau makanan ringan. Kalian juga wajib membawa minuman baik air putih, kopi, atau yang lainnya. Tidak enak rasanya ketika memancing kemudian merasa kehausan.

9. Jaring dan Bubu Jika Diperlukan

Tidak jarang seorang pemancing juga membawa peralatan lain untuk jegu dan memasang perangkap bubu. Kamu juga dapat membawa alat tersebut guna memaksimalkan perolehan.

10. Teman Memancing

Meski bukan merupakan peralatan memancing malam hari di sungai, dengan adanya teman, kegiatan memancing lebih asyik. Apalagi ketika mancing malam hari. Jika kamu takut atau khawatir memancing seorang diri, ajaklah satu atau lebih teman untuk bersenang-senang.

BLANTERLANDINGv101
Komentar yang masuk akal, termasuk kritik dan saran membangun

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Pesanan
Data Lainnya
Kamu belum dikenakan biaya
Kirim